Kami sudah mempersiapkan hasil pertanian ladang untuk diberikan kepada bupati dan gubernur pada upacara perayaan tradisi Seba
Rangkasbitung (ANTARA) -
Masyarakat Badui Dalam dan Badui Luar di pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten siap menggelar upacara perayaan tradisi Seba bersama Bupati Lebak dan Gubernur Banten untuk memperkuat silaturahmi dengan kepala pemerintahan.
 
"Kami sudah mempersiapkan hasil pertanian ladang untuk diberikan kepada bupati dan gubernur pada upacara perayaan tradisi Seba," kata Tetua Adat Badui yang juga Kepala Desa Kanekes Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak Djaro Saija saat ditemui di kediamannya di Kadu Ketug kawasan pemukiman masyarakat Badui, Sabtu.
 
Masyarakat Badui melaksanakan upacara tradisi Seba dengan mengunjungi kepala pemerintahan kabupaten dan provinsi sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberikan limpahan hasil panen pertanian ladang.

Baca juga: Gelar upacara Seba, 1.500 warga Badui akan padati Kantor Pemkab Lebak
 
Selain itu juga rasa syukur kepada kepolisian yang telah memberikan keamanan sehingga masyarakat Badui terlindunginya.
 
Masyarakat Badui kini telah mempersiapkan untuk merayakan upacara Seba dengan beberapa komoditas hasil pertanian ladang di antaranya pisang, iris, beras, gula merah, petai, talas, tepung laksa dan lainnya.
 
"Kami merasa bersyukur atas limpahan hasil bumi, sehingga wajib memberikan kepada kepala daerah sebagai ucapan terima kasih yang melindungi masyarakat Badui,"kata Djaro Saija.
 
Menurut dia, pelaksanaan upacara perayaan tradisi Seba dilakukan bersama Bupati Lebak Pj Iwan Kurniawan dan Forum Organisasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) pada 16 Mei 2024 yang dipusatkan di Alun-alun Multatuli Rangkasbitung.

Baca juga: Dinkes Lebak: 18 warga Badui jalani pengobatan TBC selama enam bulan
 
Selanjutnya, warga Badui kembali melaksanakan upacara perayaan tradisi Seba bersama Gubernur Banten Pj Muktabar di Gedung Pendopo Provinsi Banten.
 
"Kami berharap pelaksanaan upacara perayaan tradisi Seba yang dijadwalkan akan dihadiri 1.500 orang warga Badui Dalam dan Badui Luar dapat berjalan lancar," katanya,
 
Sementara itu, sejumlah warga Badui mengaku bahwa mereka sudah mempersiapkan pohon pisang yang berbuah untuk perayaan tradisi Seba dengan Bupati Lebak dan Gubernur Banten.
 
"Kami menyumbangkan buah pisang sebanyak lima tandan jenis pisang tanduk untuk diserahkan pada upacara perayaan Seba dengan kepala pemerintahan," kata Jali (45) , warga Badui di Kadu Ketug Kabupaten Lebak.

Baca juga: Tenaga medis temukan empat balita di Badui berstatus stunting 
Baca juga: Kawasan Badui di pedalaman Lebak terbebas kasus DBD

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024